Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) sekolah dengan segudang prestasi sains, nama PDM  sudah sangat sering terbesit di telinga khalayak umum di karenakan sangat sering ikut dalam event-event olimpiade baik yang di selenggarkan Universitas ataupun instansi-instansi. PDM dalam mengkuti olimpiade atau kompetisi bukan hanya sekedar ikut-ikut saja, Hampir setiap kesempatan  PDM ikuti serta dalam event Olimpiade selalu memberi kesan yang baik yaitu dengan perolehan prestasi yang sangat membanggakan.

Hendra Irwandi Siregar Sebagai Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM  menyatakan bahwa mereka sangat tertarik untuk mengikuti  event olimpiade  Madarasah Olympiad Contest  (MOC) karena di anggap selain bisa memotivasi peserta didik PDM  untuk meningkatkan kemampuan di bidang sains juga sebagai salah satu cara  pembentukan karakter peserta didik PDM.

“Hal yang menjadi tujuan kami  untuk mengikuti event MOC 2021 ini iyalah  sebagai wahana persiapan menghadapi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021 nanti. Karena tujuan pelaksanaan KSM adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat di bidang sains, sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan bidang ilmu yang diminatinya. Kegiatan ini juga sekaligus dapat membentuk sikap/karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, serta menjalin persahabatan dan berbagi pengalaman (sharing) antar sesama siswa sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan ungkap Hendra”

PDM  mengutus peserta didiknya untuk mengikuti  event olimpiade Madrasah Olympiad Contest (MOC) yang diselenggarakan Lembaga Olimpiade Educamp secara online pada tanggal 21 Februari 2021 dan  alhamdulillah berhasil untuk tetap  konsisten mencatatkan prestasi di tingkat nasonal, lanjut Hendra.

“PDM mengutus perwakilannya untuk mengikuti MOC sebanyak bidang yang sudah di tentukan penyelenggara yakni bidang Kimia, Biologi, Fisika, Matematika, Geografi, Ekonomi, Astronomi, Kebumian dan Informatika. Alhamdulillah dari Sembilan bidang yang di ujikan, tiga bidang di antaranya utusan PDM memperoleh empat medali  yakni dua emas dan dua perunggu. Dengan rincian annada Fauzan Fadhil raih medali emas bidang Geografi, Ahmad Riyan Syaifullah raih medali emas bidang Informatika, Raihan Anugrah raih medali perunggu bidang Astronomi, Irwan Fadli Jailani raih medali perunggu bidang Astromi akhir Hendra”

Yusri Lubis sebagai  Direktur PDM mengaku sangat bersyukur dan menyambut  baik  dan sangat berbangga atas prestasi yang ditorehkan anak didiknya diajang MOC ini.
“Syukur Alhamdulillah, anak anak kami kembali membuktikan prestasinya di ajang MOc ini. Kami melihat dari data bahwa sekolah-sekolah yang mengikuti event ini adalah sekolah  umum unggulan tingkat SMA/MA yang ada di berbagai wilayah di Indonesia  ini seperti MAN 3 Jombang, MAN 1 Kota Kediri, MAN 2 Pekan Baru, MAN 2 Banjarnegara, MAN 1 Yogyakarta, SMA N Unggul  Aceh  Timur dan sekolah unggul lainnya. Hal ini membuktikan bahwa PDM  yang berada  jauh di sudut Desa Sidapdap Simanosor,Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara mampu bersaing dan berhasil  menunjukkan jati dirinya sebagai pesantren yang konsen di bidang sains dengan prestasi-prestasi yang sangat membanggakan ungkap Yusri penuh optimis”

Pada kesempatan yang lain, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA Mengungkapkan rasa syukur, harapan  dan bangganya atas pencapaian prestasi Darul Mursyid di MOC 2021 ini.

“Puji dan syukur  kita yang setinggi-tingginya kepada Allah SWT atas anugrah ini, Darul Mursyid Kembali berhasil mencatatkan prestasi tingkat nasional pada ajang MOC 2021 ini. Kerja keras dan do’a dari semua pengurus, pembina, pendidik, dan pengasuh di Darul Mursyid membuahkan hasil yang sangat patut kita syukuri. Kita tidak boleh berpuas diri  sampai di sini karena kedepan persaingan akan semakin kompetitif.

Saya berharap semoga prestasi ini menambah kesyukuran dan semangat kita untuk terus berprestasi di bidang Sains. Darul Mursyid harus tetap  mempertahankan konsistensi prestasi sainsnya dimasa-masa yang akan datang. Kami juga berharap agar Darul Mursyid tetap bisa mengharumkan nama Kabupaten Tapsel, nama pesantren di kancah olimpiade sains baik di tingkat provinsi dan Nasional  khususnya pada event olimpiade KSM  2021 yang kita persiapkan saat ini. tutur Jafar yang meraih gelar DBA di USM Penang Malaysia ini.