Santri Pesantren Darul Mursyid Lolos Seleksi LKIR Nasional 2021

Dua lagi Santri Pesantren Darul Mursyid yang di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan atas nama Rasyad Tanjilur Rahman dan Arif Ramadani  lolos seleksi proposal penelitian pada ajang Lomba Karya Ilmiyah Remaja (LKIR) Nasional 2021.

Geti Oktaria Pulungan sebagai guru pembina karya tulis ilmiyah Pesantren Darul Mursyid mengatakan, Kompetensi ini dibuat untuk menguji kemampuan dan wawasan para santri untuk menganalisa suatu permasalahan sekaligus mencari solusi melalui penelitian ilmiyah dan aflikasi ilmu pengetahuan dan teknologi. “Alhamdulillah 2 santri kami berhasil lolos seleksi Proposal pada lomba karya ilmiyah remaja yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dan 2 santri kami itu adalah sekaligu sebagai satu-satunya perwakilan Sumatera Utara yang bertanding di LKIR LIPI tahun ini. Adapun bidang yang diikuti santri Pesantren Darul Mursyid adalah Ilmu Pengetahuan Hayati dengan tema penelitian Skrining Fitokimia Metabolit Sekunder dari daun Canavalia Rosea sebagai pasta anti bisa.”

Lanjut Geti, Sesuai janji dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bahwa peserta  LKIR yang lolos tahap proposal, mereka akan mendapatkan mentor dan dosen yang akan mendampingi mereka secara online dalam melakukan penelitian sampai selesai. Karena itu, santri kami saat ini sedang melakukan penelitian di Lab Kimia Pesantren Darul Mursyid. Penelitian ini akan terus mendapatkan bimbingan dari dosen dan mentor LIPI sampai selesai, karena itu kami mohon doa dan dukungan dari kita semua, agar penelitian ini bisa lancar dan mendapat hasil yang terbaik.

Drs Yusri Lubis sebagai Direktur Pesantren Darul Mursyid sangat bersukur atas prestasi ini, ia berharap dengan adanya ajang kompetensi ilmiyah yang dibimbing oleh LIPI dan dosen-dosen yang mendampingi penelitian mereka, para santri bisa lebih luas wawasan dan ilmu pengetahuannya sehingga ke depan tidak lagi sulit untuk mengarahkan para santri untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju. Kita akan terus beri dukungan untuk kemajuan ilmu pengetahuan, terutama untuk kemajuan Pesantren Darul Mursyid. Saat ini, walaupun dengan sistem daring, saat ini kami sangat banyak mengikuti kompetensi-kompetensi yang bergengsi demi untuk menetak para juara. Bebernya.

Terpisah, Ja’far Syahbuddin Ritonga, DBA sebagai Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga juga mengaku sangat bersyukur atas prestasi-prestasi yang disumbangkan oleh kedua santri Pesantren Darul Mursyid pada ajang Kompetensi Ilmiyah LKIR Nasional yang ke 53 tahun 2021 . Ia juga menyampaikan sebuah harapan yang sangat besar sekali kepada semua komponen Pesantren Darul Mursyid untuk mendukung sekaligus mendoakan, agar kedua santri kita bisa lolos pada finalis nanti sehingga prestasi kita terus bertambah terus. “Kita tidak akan pernah berhenti untuk mengejar prestasi, asal masih bisa dijangkau. Lanjutkan untuk kemajuan umat Islam dan bangsa.” tutur Alumni S3 USM Malaysia itu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.