Santri Darul Mursyid Juara Olimpiade Geografi Tingkat Nasional

Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) yang di Sidapdap Simanosor  Kecamatan Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan kembali mengukir prestasi yang sangat membanggakan pada olimpiade Nasional Sains Competition (NSC).

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM, Darwis Simbolon mengatakan, “Olimpiade NSC adalah kompetisi sains yang diselenggarakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI) untuk memfasilitasi Mahasiswa/i, Guru dan siswa/i untuk berprestasi dan menjadi sarana kemampuan. Perlu diketahui, selain POSI sering mengadakan perlombaan ditingkat provinsi dan nasional dalam bidang sains, lembaga POSI juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi para pelajar untuk menyiapkan diri menghadapi olimpiade-olimpiade sains lainnya seperti KSN yang diselenggarakan oleh pemerintah. Karena itu, kami sangat bersyukur sekali bisa meraih prestasi pada olimpiade ini sehingga santri kami menjadi terbiasa untuk mengikuti olimpiade-olimpiade level tinggi.

Masih dari Darwis Simbolon, “Olimpiade ini diikuti ribuan sekolah di Indonesia sehingga butuh kerja keras untuk menggapai prestasi ini. Alhamdulillah setelah melalui tahap pertandingan terakhir yang dilakukan secara daring pada tanggal 28 Agusutus 2021, santri kami memperoleh dua medali emas, satu perak dan dua medali perunggu dalam bidang Geografi. Kelima santri kami tersebut diantaranya adalah Irsan Rizki Siregar (Medali Emas 1), Rina Ulianti (Medali Emas 2), Fatwa Miranda (Medali Perak 1), Mhd Al-Rafi Nasyah Zein (Medali Perunggu 1), dan Khadizah Simanjuttak (Medali Perunggu 2). Hal ini bukan yang pertama kali

Bagi Pesantren Darul Mursyid, insya Allah kami akan terus eksis pada setiap kompetisi sains di Indonesia. Bebernya.

Drs Yusri Lubis sebagai Direktur Pesantren Darul Mursyid merasa sangat bersukur sekali atas prestasi ini dan mengatakan, “Alhamdulillah, terimakasih saya ucapkan kepada para santri yang telah menorehkan prestasi sains dalam bidang Geografi. Ke depan kita akan terus mengupgrade kemampuan santri PDM pada perlombaan level tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional. Terus berjuang ananda, Kalian semua adalah harapan bangsa yang akan membawa kemajuan pendidikan di negeri tercinta ini, semoga hal ini dapat terus berlanjut serta menginspirasi santri lain untuk semangat menorehkan prestasi dalam bidang yang sama atau bidang yang lain sehingga dapat ikut berpartisipasi untuk mengharumkan nama Islam, PDM dan yang paling penting bisa membanggakan orang tua.” Ungkapnya.

Terpisah, Ja’far Syahbudin Ritonga sebagai Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi ini. “Selamat untuk para santri kami yang telah meraih prestasi sains dalam bidang Geografi Nasional Sains Competition (NSC). Dengan prestasi ini kiranya bapak/ibu para pembina terus berinovasi untuk memberikan pendidikan terbaik bagi santri kita sehingga kita terus bisa mengukir prestasi yang sebanyak-banyaknya. Atas prestasi ini juga, kita tidak boleh puas, sebab masih banyak lagi kompetis dan tantangan PDM ke depan sebagai pusat kejayaan sains Islam di Sumatera bagian tenggara. Semoga dengan prestasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan para santri. Tutur Alumni S3 USM Malaysia itu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.