Profil Pesantren Darul Mursyid

Sejarah Pesantren Darul Mursyid

Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) didirikan oleh Alm. Drs. H. Ihutan Ritonga beserta istrinya Hj. Riana Siregar pada tahun 1992 di Desa Simanosor Julu, Kec. Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan dan beroperasi pada tanggal 15 Maret 1993. Nama Darul Mursyid diambil dari gelar pendiri, yaitu Haji Mursyid. Pada bulan Januari tahun 1997, pendiri Darul Mursyid Drs. H. Ihutan Ritonga meninggal dunia dan pengelolaan pesantren ini diteruskan oleh anak dari pendiri, yaitu Jafar Syahbuddin Ritonga yang hingga saat ini pesantren tersebut mengalami kemajuan pesat baik dari segi Prestasi, Fasilitas dan Manajemen yang juga didasari oleh kelulusan penerus yang telah menyelesaikan S3 di Universitas Sains Malaysia (USM) Pulang Pinang dan meraih Gelar Doctor of Business Administration (DBA) pada tahun 2015.

.

Tujuan Pendidikan

  1. Memiliki Aqidah yang kokoh dan pelaksanaan Ibadah yang baik.
  2. Memiliki Akhlak yang mulia (Akhlakul Karimah).
  3. Memiliki Ilmu Pengetahuan yang tinggi dan Wawasan yang luas.
  4. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan Teknologi Informasi yang Aktif.

Strategi Pendidikan

  1. Sistem Penyaringan (Filterasi) Bertahap dimana peserta didik akan bersaing dalam prestasi agar tidak tereliminasi setiap tahunnya.
  2. Kurikulum Pendidikan yang diterapkan di Darul Mursyid adalah Kurikulum yang dijalankan oleh Pemerintah, yakni Kurikulum 2013 yang dipadu dengan      penyempurnaan dan penyesuaian demi mencapai tujuan pendidikan di Darul Mursyid.
  3. Sistem Pendidikan Terpadu (Pendidikan Selama 6 Tahun) Darul Mursyid tidak menerima siswa pindahan dari sekolah lain, termasuk untuk Madrasah          Aliyah, dengan kata lain Madrasah Aliyah Darul Mursyid berasal dari Madrasah Tsanawiyah sendiri.

 

 

Makna Logo

 

  1. L”ambang “Bintang” menandakan ke-Esa-an Allah Subhanahu Wa Ta’ala, bahwa tujuan pendirian Pesantren Darul Mursyid dalam rangka mencapai                Ridho  Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka segala sesuatu di Darul Mursyid adalah rangka Ibadah kepada-Nya.
  2. “Pena” yang berdiri tegak melambangkan manusia pelajar yang teguh dengan pendirian serta pengabdian yang tiada henti
  3. “Al quran dan Hadits” melambangkan pedoman utama dalam menyelenggarakan Pendidikan
  4. “Garis melengkung berwarna biru” melambangkan simbol Sains yang artinya Pesantren Darul Mursyid adalah Pesantren sains yang mencetak Juara               Olimpiade Sains yang Berakhlakul Karimah
  5. “Cahaya Matahari” Sebagai bentuk simbol bahwa PDM menyinari alam sekitar dengan Ilmu dan Pengabdian
  6. “Segi Lima” berarti 5 Rukun Islam
  7. 1993 Tahun berdirinya Pesantren Darul Mursyid (PDM).

“PESANTREN MODERN UNGGULAN TERPADU DARUL MURSYID SEKOLAH PENCETAK JUARA OLIMPIADE SAINS YANG BERAKHLAKUL KARIMAH”