Pembelajaran E-Learning Darul Mursyid Berjalan Baik dan Sukses

Secara umum, pembelajaran e-learning yang dilaksanakan Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) ditengah pandemi Covid-19 berjalan baik dan sukses atau dinyatakan berhasil.
Karena itu, ujar Direktur PDM Yusri Lubis, Rabu (17/6/2020), PDM yang dikenal sebagai pesantren yang selalu terdepan dalam inovasi pendidikan telah siap memasuki Tahun Ajaran (TA) baru 2020/2021, baik dengan sistem daring maupun tatap muka langsung.
Yusri menambahkan bahwa pandemi Covid-19 ini tidak menghalangi kegiatan belajar mengajar dengan para santri PDM, meskipun secara online.
Dia mengatakan, sebelum New Normal Life digulirkan pemerintah, PDM yang terletak di Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) telah dengan cepat mengambil tindakan agar kegiatan belajar mengajar tetap bisa dilaksanakan memenuhi hak belajar para santri.
“Bagi kami, pendidikan adalah hal yang sangat diprioritaskan dan kami siap untuk terus memenuhi hak belajar anak dimanapun berada. Maka, segala fasilitas yang dibutuhkan secara mandiri sesuai anjuran pemerintah telah kami penuhi semuanya,” ucap Yusri.
Diutarakannya, sejak tanggal 12 April 2020 lalu hingga kini Juni 2020, PDM telah menerapkan metode pembelajaran e-learning lewat akun YouTube PDM yang chanelnya bernama PDM TV.
“Karenanya, menurut pantauan kami, dengan model pembelajaran e-learning yang dibuat PDM ini maka materi-materi ajar tersampaikan dengan baik. Bahkan ujian semester online santri PDM berlangsung dan berjalan dengan sukses,” terangnya.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (Yaspenhir) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA, selaku badan pengelola PDM menyampaikan, PDM akan selalu siap untuk menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai kondisi, termasuk di masa pandemi Covid-19 ini.
Jafar yang juga merupakan dosen Pascasarjana di Universitas Medan Area ini mengatakan, PDM dengan sumber daya manusia (SDM) personilnya dan dengan fasilitas pendukung menyatakan siap dengan berbagai macam model pembelajaran, baik secara daring maupun tatap muka langsung.
“PDM insya Allah akan selalu siap dengan model pembelajaran yang ada dan terupdate (terkini). Karena bagi kami, perubahan itu adalah sebuah kelaziman yang menuntut kita harus bisa menyesuaikan diri,” pungkas Jafar.
Disamping itu juga, perlu kesiapan fasilitas pendukung yang dibutuhkan. “Meskipun dengan biaya yang tidak sedikit, tapi jika itu memang dibutuhkan harus dipenuhi,” tambahnya.
Ia mengemukakan, dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan yang maksimal kepada para santri secara online, PDM telah mengeluarkan dana puluhan juta. Mulai dari pembelian segala perlengkapan syuting video pembelajaran, pembuatan studio pembelajaran serta aplikasi pendukungnya. Sehingga hasilnya tentu akan lebih baik dan lebih mudah dicerna para santri dari rumah masing-masing.
Ditegaskannya juga, dalam menyambut New Normal Life di lembaga pendidikan TA 2020/2021, bagi PDM bukan sekedar teori semata. Hal ini dibuktikan dengan persiapan dan penyesuaian semua fasilitas pendukung yang telah dilakukan terus-menerus.
“Mulai dari pengaturan jumlah santri yang masuk dalam kelas, penambahan kelas, penyesuaian tempat tidur di asrama, protokol kesehatan di semua fasilitas yang ada di komplek PDM, termasuk di mesjid, kantin, klinik, salon atau pangkas, laundry dan sebagainya,” tuturnya. (Borneo)

Leave a Comment

Your email address will not be published.