Bahaya Sifat Egois

Dan janganlah kmu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung. (Q.S Al-Isra: 37).

Sifat Egois adalah musuh dari suatu peradaban. Karena sikap ego, nilai-nilai agama tersingkirkan, sebab yang ada dalam pikirannya adalah kepopuleran, kesuksesan, ketenaran. Maka kita harus benar waspada terhadap sikap ego yang membuat kita terkutuk sebelum bertaubat.

Dosa egois sesungguhnya jauh lebih besar dari pada sebuah kelalaian. Kita sudah lihat sejarah, Iblis itu terkutuk karena keegoaannya, sedangkan nabi Adam itu tertipu karena provokasi Iblis. Nabi Adam diampuni sedangkan Iblis itu dikutuk selamanya. Anehnya Iblis tidak menyesali perbuatannya, bahkan ia terus berusaha untuk menggoda manusia ke jalan kesesatan sehingga ia kelak mendapatkan banyak teman karib menuju neraka.

Bahayanya sifat egois karena akan melahirkan sifat buruk lainnya seperti sombong, tidak menghargai pendapat orang lain, selalu merasa benar dan selalu merasa bangga terhadap dirinya. Ia merasa telah menggapai sebuah kebahagiaan, padahal kebahagiaan yang ia dapatkan adalah kebahagiaan semu yang justru membuat dirinya hampa dan tersiksa dengan keegoaannya.

Semakin ia bersifat ego, maka ia juga akan semakin jauh dari fitrahnya sebagai insan Kamil. Egois bukanlah sifat manusia yang sesungguhnya, tetapi warisan dari sifat Iblis yang sudah jelas tidak akan mendapatkan Rahmat dari Allah SWT.

Leave a Comment

Your email address will not be published.